top of page
  • Gambar penulisAdmin LSI

Rilis Survei LSI 20 Oktober 2022



Rilis Temuan Survei Nasional Lembaga Survei Indonesia

Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Penegakan Hukum dan Persepsi terhadap Kasus Kanjuruhan

Kamis, 20 Oktober 2022.


PENGANTAR:


Selain masalah ekonomi, masalah hukum dan pemberantasan korupsi masih terus menjadi isu publik yang menonjol selama beberapa bulan terakhir.


Kepolisian Republik Indonesia (Polri) didera rentetan permasalahan yang susul menyusul. Kasus tewasnya Brigadir J yang diduga melibatkan mantan petinggi Polri masih belum selesai dan terus menjadi sorotan publik. Kini Polri juga harus berhadapan dengan kasus Kanjuruhan yang bukan hanya menjadi sorotan publik nasional tapi juga menjadi perhatian dunia, terutama dalam dunia sepakbola. Beberapa hari ini public juga dikejutkan oleh tertangkapnya perwira tinggi Polri yang diduga terlibat kasus narkoba.


Isu-isu pemberantasan korupsi juga cukup menonjol dan menjadi perhatian publik. Belum lama ini perdebatan public antara lain tertuju pada langkah KPK memeriksa Gubernur DKI Jakarta dalam kasus terkait perhelatan Formula E. Isu ini menjadi perhatian publik, terutama karena memiliki bobot politik yang tinggi mengingat figure yang diperiksa adalah figure yang popular dan diperkirakan akan ikut berkompetisi dalam pemilu mendatang. Perdebatan cukup menyita perhatian dan tertuju antara lain soal penegakan hukum ataukah kriminalisasi karena masalah politik.


Penanganan isu-isu penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, apalagi yang menonjol dan menjadi perhatian publik, akan berkaitan dengan naik turunnya tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah secara umum, dan kepada lembaga-lembaga penegakan hukum secara khusus.


Apakah langkah-langkah yang diambil pemerintah seperti pembentukan TGIPF kasus Kanjuruhan sejalan dengan persepsi publik atau tidak akan berkaitan dengan tingkat kepercayaan publik tersebut.


Bagaimanakah evaluasi public atas penegakan hukum dan pemberantasan koruspi selama beberapa bulan terakhir? Bagaimana pula persepsi public terhadap kasus Kanjuruhan dan penanganan yang dilakukan pemerintah, termasuk Polri? Untuk mengetahui hal-hal tersebut, LSI melakukan survei nasional pada 6 – 10 Oktober, 2022.


Download laporan rilis selengkapnya disini:

RILIS LSI 20 OKTOBER 2022
.pdf
Unduh PDF • 894KB



2.314 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
chat (1).png

HUBUNGI KAMI

ingin tahu apa yang dapat kami lakukan untuk anda?

  • Twitter
  • YouTube
  • Facebook

ALAMAT KANTOR

Djayadi Hanan
Eka Novita

Gedung Arva Lt.3. Jalan RP. Soeroso No 40 BC
Menteng – Jakarta Pusat 10350
Kantor : +62 21-829 1641
HP LSI 0822-1010-8014
Email: info@lsi.or.id

© 2020 by Lembaga Survei Indonesia. All rights reserved.

bottom of page