top of page
  • Gambar penulisAdmin LSI

Rilis Survei Sumatera Utara 28 Juli 2024

Peta Pilkada Menjelang Masa Pendaftaran: Siapa Unggul di Sumatera Utara?


Selain wilayah Jawa, sejumlah wilayah lain turut mendapatkan perhatian luas dalam perhelatan pilkada serentak.


Sejak pilkada 2020, Sumatera Utara (Sumut) sering juga menjadi pembicaraan yang cukup luas di tingkat nasional. Di luar Jawa, Sumut adalah provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak, mencapai hampir 11 juta pemilih pada Pemilu 2024 lalu.


Sejumlah tokoh nasional pernah bertarung atau disebut akan bertarung di wilayah ini. Tokoh PDIP, Djarot Saiful Hidayat pernah menjadi kontestan pemilihan gubernur. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, sering disebut juga mungkin bertarung di wilayah ini.


Sejak 2020, pilkada di Sumut makin menarik perhatian nasional karena ada menantu presiden Joko Widodo, M. Bobby Afif Nasution, yang ikut pilkada dan berhasil mengalahkan petahana yang cukup kuat di Kota Medan. Kini, M. Bobby Afif Nasution akan ikut berlaga di pilkada gubernur dan menantang petahana Edy Rahmayadi.


Faktor-faktor tersebut membuat pilkada di wilayah Sumut tidak kalah menarik perhatian dibanding Jawa. Menjelang masa pendaftaran sekitar satu bulan lagi (27 Agustus) partai-partai dan calon makin memantapkan pilihannya dan makin menggencarkan sosialisasi serta strategi pemenangan. Siapakah yang saat ini diperkirakan unggul?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, LSI melakukan survei tatap muka pada 7 - 17 Juli ini di wilayah Sumut.




1.149 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

留言


bottom of page